VISI

Berhubung dengan itu, untuk menjawab permasalahan dan isu strategis  daerah ke depan maka disesuaikan  visi pembangunan Kabupaten Karimun yang dinyatakan dalam dokumen RPJMD untuk jangka waktu 2016 – 2021 adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Kabupaten Karimun Sebagai Pusat Pertumbuhan

Ekonomi Berbasis Maritim Yang Terdepan Berlandaskan Iman dan Taqwa”

Secara konseptual visi pembangunan Kabupaten Karimun tahun 2016 – 2021, mengarah kepada tujuan pembangunan RPJMN 2010 – 2014. Pengertian dari visi tersebut, sebagaimana dinyatakan juga dalam RPJMD, adalah sebagai berikut :

  1. Pusat Pertumbuhan

Memiliki arti bahwa Kabupaten Karimun sebagai kawasan strategi nasional, berbentuk Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), yang memerankan dirinya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi bagi wilayah yang lain didalam kabupaten dan antar daerah sekelilingnya. Sebagai lokomotif penggerak, maka pusat pertumbuhan ini memerankan fungsinya melalui pemusatan kegiatan industri manufaktur dan perdagangan serta peningkatan nilai tambah bagi komoditas unggulan lokal.

  1. Berbasis Maritim

Menandaskan kehendak untuk mengoptimalkan rahmat yang dimiliki Kabupaten Karimun, yaitu sumber daya kelautan dan perikanan yang unggul, baik dalam bentuk barang (seperti produk perikanan) maupun jasa (seperti alur pelayaran), mulai dari hulu hingga hilirnya, mulai dari sektor primer hingga tersier, sebagai modal guna mewujudkan rakyat yang semakin sejahtera.

  1. Terdepan

Merujuk pada dua hal, pertama adalah posisi geostrategis Kabupaten Karimun yang menjadi kawasan perbatasan negara, berbatasan laut dengan negara singapura dan Malaysia. Menggunakan pengertian dari kacamata posisi geostrategis ini, maka “terdepan” juga menandaskan makna bahwa kawasan perbatasan negara tidak lagi menjadi halaman belakang, melainkan harus menjadi beranda depan negara yang representatif dan atraktif. Dan hal ini dimulai dari Kabupaten Karimun. Kedua, terdepan juga merujuk pada kondisi yang lebih maju yang hendak diukir oleh pemerintahan daerah pada periode lima tahun mendatang, khususnya kemajuan dalam bidang ekonomi, infrastruktur, sisial budaya, lingkungan hidup, dan reformasi birokrasi.

  1. Berlandaskan iman dan taqwa

Memiliki arti bahwa membangun daerah dilakukan dengan tetap mengedepankan upaya untuk membangun manusianya, khususnya dari sisi akhlak dan moral yang bersumber pada nilai – nilai agama. Membangun manusia yang sehat, cerdas, dan terampil adalah perlu tetapi belum cukup untuk mewujudkan manusia seutuhnya jika tidak diiringi dengan membangun akhlak yang baik dan moral yang terjunjung. Upaya ini menjadi semakin menemukan konteksnya ketika interaksi antar bangsa dan budaya menjadi semakin menemukan konsteknya ketika interaksi antar bangsa dan budaya menjadi semakin intens, pertukaran informasi menjadi semakin terbuka, sehingga nilai nilai agama diharapkan dapat menjadi penapis dari berbagai pengaruh negatif, sekaligus memperkukuh insan yang berakhlakul karimah.

    MISI

Telaahan terhadap visi, misi, dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah memberikan gambaran peran serta dan keterlibatan langsung OPD Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karimun. Hal ini ditunjukkan melalui misi ke 4 (empat) dan misi ke 7 (Tujuh) yaitu :

  1. Membangun sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan kompetitif serta menjawab kebutuhan daerah. (TERDEPAN DIBIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN)
  2. Mewujudkan birokrasi yang profesional, bersih, dan melayani. (TERDEPAN DALAM PELAYANAN BIROKRASI)

Terkait visi dan misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih, tugas pokok, uraian dan fungsi Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Karimun adalah :

  1. Membantu Bupati dalam merencanakan, merumuskan kebijakan, melakukan pembinaan, pengembangan kegiatan organisasi kepemudaan dan keolahragaan di wilayah Kabupaten Karimun hingga pada tingkat kecamatan
  2. Merencanakan kegiatan kepemudaan dan kegiatan Keolahragaan.
  1. Merimuskan kebijakan operasional di bidang kepemudaan dan keolahragaan
  1. Melakukan evsaluasi dan laporan di bidang penyelenggaraan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan, pelatihan dan pembinaan kepemudaan dan keolahragaan
  3. Mempersiapkan sarana prasarana dalam menunjang kegiatan kepemudaan dan keolahragaan
  4. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dan unit kerja lain untuk menunjang kegiatan kepemudaan dan keolahragaan
  5. Memberikan bimbingan, pembinaan dan pemantapan dalam kegiatan keorganisasian dan kepemimpinan
  1. Melaksanakan pelayanan administrative ketatausahaan

Melaksanakan kegiatan lain di bidang kepemudaan dan keolahragaan sesuai dengan kebijakan Bupati.